top of page

TL-Jewellery 群組

公開·18 位會員

The Benefits and Sources of Doa Wudhu PDF: How to Download and Recite Them


Merdeka.com - Doa-doa wudhu lengkap patut diketahui umat Islam. Sejatinya ajaran Islam begitu memberikan perhatian yang besar terhadap kebersihan dan kesucian. Melalui pensyariatan thaharah (bersuci) yang menjadi syarat sah sebelum menunaikan ibadah.




doa wudhu pdf


Download: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Fvittuv.com%2F2u2pvm&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw1jBGQjysJU8nf0_l_CB71t



Gerakan wudhu disertai doa yang mengiringinya ini, menjadi salah satu bentuk ketaatan kita terhadap Allah SWT. Dengan demikian, supaya wudhu kita menjadi lebih berkualitas panjatkanlah doa-doa wudhu ini.


Cara bersuci dengan wudhu sudah dituangkan dalam kitab suci Al-Quran, surat Al-Maidah ayat 6, Allah berfiman : "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat maka basuhlah mukamu, kedua tanganmu sampai siku dan sapulah kepalamu serta basuhlah kedua kakimu sampai mata kaki".


Tata cara wudhu sesuai dengan syariat Islam ini sebaiknya dipelajari sejak dini, supaya terbiasa hingga dewasa kelak. Dari ayat tersebut, kemudian tata cara wudhu disempurnakan oleh Rasulullah SAW. Beliau ajarkan dalam sejumlah hadits riwayatnya.


Dalam keterangan yang lain Utsman bin Affan radiyallahu'anhu berkata: "Barang siapa berwudhu seperti yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, dan perjalanannya menuju masjid dan salatnya sebagai tambahan pahala baginya." (HR. Muslim)


Pertama akan kami jelaskan secara singkat tentang apa itu wudhu dan tata caranya yang sesuai dengan sunnah, lalu penjelasan lainnya terkait doa wudhu, baru nanti akan kami berikan link download doa wudhu dalam bentuk file Pdf dan doc.


Tentu wudhu yang benar adalah sesuai dengan yang di contohkan oleh Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam beserta sahabatnya, berdasarkan keterangan hadits sahih dan penjelasan para ulama, lalu bagaimana cara berwudhu yang benar tersebut.


Jika kita berwudhu dan hanya mengerjakan 4 hal tersebut maka wudhu kita sudah sah, cuma tidak sempurna, yang sempurna adalah sesuai dengan yang di lakukan oleh Nabi Muhammad salallahu alaihi wassalam, dan selain ke empat hal di atas maka hukumnya sunah.


Tapi di masyarakat kita Indonesia ada beredar doa wudhu yang mengiringi setiap basuhan di atas, misal ketika berkumur ada bacaan khusus, ketika membasuh muka ada bacaan khusus dan begitu seterusnya sampai kaki ada bacaannya sendiri.


Tapi jika anda ingin mengamalkan doa wudhu lengkap yang ada bacaan ketika membasuh semua bagian tubuh, sebaiknya tanyakan dulu ke ustadz yang anda kenal tentang dalilnya, dan kami disini hanya memberikan link pdf nya saja, bukan kami menganjurkan untuk mengamalkannya.


Sering kali terjadi, ketika kita telah merampungkan wudhu itu bersamaan dengan selesainya azan yang dikumandangkan. Kedua-duanya mempunyai kesunnahan doa yang dibaca setelah mengerjakannya.


Pasal: Al-bulqini berfatwa mengenai seseorang yang selesai wudhunya itu bersamaan dengan selesainya azan, bahwa doa yang pertama kali dibaca adalah doa wudhu. Sebab itu adalah ibadah yang ia kerjakan, baru kemudian disusul dengan doa azan. Hanya saja, bagusnya itu ia juga membaca dua syahadat pasca wudhu kemudian disusul doa pasca azan, sebab azan itu mempunyai hubungan dengan Nabi Muhammad Saw. Lantas jika selesai, ia berdoa untuk dirinya sendiri. (Fath Al-Muin Bi Syarh Qurrat Al-Ain Bi Muhimmat Ad-Din, PDF hlm 157)


Jadi pada konsep awal, doa sesudah wudhu yang dilakukan terlebih dahulu, baru kemudian doa azan. Namun, dalam rangka memghormati Nabi, alangkah baiknya untuk mengkompromikan doa yang ada, dengan membaca syahadat sesudah wudhu, dilanjut doa azan, baru kemudian doa untuk diri sendiri.


Sementara itu, dikutip dari hadits riwayat Imam Muslim dan Imam at-Tirmidzi menggambarkan berwudhu selain proses membersihkan diri secara lahiriah, juga merupakan upaya mensucikan diri secara spiritual.


關於

歡迎光臨群組!您可以和其他會員連線,取得更新並分享影片。
bottom of page